Deputi Gubernur Bank Indonesia :Perang dagang akan berhenti pada saat election Trump

KeuanganNegara.id– Bank Indonesia (BI) memproyeksikan kondisi ketidakpastian ekonomi global, khususnya perang dagang, akan berakhir saat Pemilihan Umum (Pemilu) Amerika Serikat (AS) pada 2020.

“Kapan itu (perang dagang) akan berakhir, kita banyak informasi, tapi mengerucut pada satu titik. Kita bisa katakan akan berhenti pada saatelectionTrump,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo saat pelatihan wartawan di Medan, Sumatera Utara, Jumat (19/7).

Baca juga:   Kemenkeu Yakin OSS Impor Hulu Migas Bakal Kerek Daya Saing

AS hingga saat ini telah mengenakan tarif 25 persen atas barang-barang impor asal China senilai USD 200 miliar. Sementara China mengenakan tarif sebesar 25 persen atas barang-barang asal AS senilai USD 60 miliar.

Dody menilai, kebijakan yang ditempuh Presiden AS Trump untuk melakukan perang tarif tersebut berdampak pada melambatnya pertumbuhan ekonomi global. Bahkan menurutnya, pasar beranggapan kebijakan perang tarif tersebut merupakan alat kampanye Trump untuk melenggang kembali sebagai capres AS 2020.

Baca juga:   Sri Mulyani tegaskan bakal memonoter kinerja BPJS Kesehatan

“Ini cara Trump menuju 2020. Jadi ini bisa saja sampaielection. Setelah itu seperti apa kita tidak tahu. Kita lihat tahap ini sampai 2020,” katanya.

Namun demikian, Dody memastikan, bank sentral telah mengantisipasi perlambatan ekonomi global, salah satunya dengan penurunan suku bunga acuan.

BI telah menurunkan suku bunga acuan 25 basis poin (bps) menjadi 5,75 persen pada Kamis (18/7). Penurunan bunga acuan tersebut merupakan yang pertama kalinya sejak delapan bulan lalu.

Baca juga:   Harga Emas Antam Stagnan di Rp756 Ribu per Gram pada Awal Pekan

“Dari sisi kebijakan suku bunga bank sentral sudah mulai diturunkan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Ini salah satu kebijakan moneter yang dilakukan bank sentral. Kita juga lihat negara lain ada yang gunakan kebijakan lain untuk mengakselerasi ekonomi tumbuh,” tambahnya. (msn)

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.