Sri Mulyani Prediksi Ekonomi Triwulan I 2020 Tumbuh 4,6 Persen

KeuanganNegara.id-Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2020 masih berada di atas 4 persen. Ia memprediksi pertumbuhan ekonomi di tengah wabah Covid-19 ini masih di kisaran 4,5 sampai 4,6 persen.

“Karena Januari sampai Februari 2020, masih ada cukup momentum pemulihan ekonomi dari 2019 yang cukup lemah,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers online di Jakarta, Jumat, 17 April 2020.

Meski demikian, Sri Mulyani mengakui angka ini tetap lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi pada periode yang sama tahun lalu yang sekitar 5,07 persen. Menurut dia, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kinerja ekonomi triwulan I 2020 masih bisa berada di atas 4 persen. Salah satunya karena kinerja sektor konsumsi dan investasi masih positif sepanjang Januari dan Februari 2020. Baru pada minggu kedua Maret 2020, kinerjanya mulai tertekan.

Baca juga:   Beras Rakyat Miskin Diganggu, Buwas Minta KPK Turun Tangan

Selain itu pada Rabu, 15 April 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat eksporsepanjang triwulan I 2020 masih tumbuh 2,91 persen. Nilai ekspor naik dari US$ 40,61 miliar pada triwulan I 2019 menjadi US$ 41,79 miliar pada triwulan I 2020. Lalu, neraca perdagangan pun juga masih bisa surplus US$ 2,62 miliar sepanjang Januari hingga Maret 2020.

Baca juga:   Sri Mulyani: Pengadaan Vaksin Tidak Dipercepat

Akan tetapi, Sri Mulyani mengatakan angka proyeksi 4,5 sampai 4,6 ini tidak mencerminkan tren ke depan. Sehingga, ia pun meyakini angka pertumbuhan ini akan berubah sangat cepat pada triwulan II 2020. Ini adalah dampak dari berlanjutnya kebijakan Work From Home (WFH) dan meluasnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait wabah corona.

Baca juga:   IHSG Melemah ke Level 6.231 Persen di Akhir Pekan

Oleh sebab itu, Sri Mulyani masih akan melihat apakah dampak ekonomi beberapa bulan ke depan. Apakah akan berlangsung sampai triwulan II saja, lalu mulai membaik pada triwulan III 2020, atau masih akan stagnan sampai akhir tahun. “Ini yang sulit untuk bikin forecast tahun ini,” kata dia. (msn)

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi