KeuanganNegara.id– Akhir pekan lalu terjadi anomali terhadap saldo rekening nasabah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Supaya hal ini tidak terulang, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta perbankan nasional rajin mengecek fungsi information and technology (IT) alias informasi dan teknologi (TI).
“Permasalahan yang telah terjadi ini penting untuk menjadi perhatian industri perbankan. OJK meminta semua bank untuk terus melakukan review fungsi IT yang dimiliki secara berkala dalam rangka menegakkan tata kelola manajemen resiko operasional yan(OJK) meminta perbankan nasional rajin mengecek fungsi information and technology (IT) alias informasi dan teknologi (TI).g prudent dan berjalan dengan baik,” tulis siaran pers OJK
Menurut OJK hal tersebut merupakan bentuk upaya peningkatan pelayanan perbankan ke depannya dan mencegah agar permasalahan ini tidak terulang lagi ke depannya.
OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standar operasional yang baik, jika gangguan sistem terjadi, dengan memprioritaskan aspek perlindungan konsumen terkait dengan hak nasabah termasuk pemulihan layanannya,” katanya.
Khusus untuk Bank Mandiri, OJK sudah meminta bank pelat merah itu segera melaporkan permasalahan yang terjadi dan langkah-langkah yang akan mereka lakukan agar kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari.
“Saat ini yang terpenting adalah pelayanan sudah kembali normal dan mereka juga telah menjamin keamanan dana nasabah, sehingga tidak ada nasabah yang terkurangi hak-nya,” tambahnya. (detik)
Discussion about this post