5 Negara Asia Tempati Posisi PDB Teratas di 2024, Indonesia Peringkat Berapa?

KeuanganNegara.id -Negara-negara di Asia diperkirakan bakal menjadi 5 negara teratas dari ukuran Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2024.

Terbentuknya 5 negara teratas ini praktis menurunkan kekuatan ekonomi Eropa ke peringkat yang lebih rendah.

Mengutip World Economic Forum, China, Indonesia, dan India masuk ke dalam jajaran 5 negara teratas dari ukuran PDB. Pertumbuhan ekonomi China, sebagai pesaing berat Amerika Serikat, terbukti telah meningkat tajam sejak tahun 1990-an.

Sedangkan India dan Indonesia baru-baru ini memasuki 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Diperkirakan, kedua negara bakal mencapai peringkat ke 3 dan 5 pada tahun 2024.

Baca juga:   Pemerintah Berikan Sejumlah Transfer Fiskal Untuk Jaga Ekologi Hutan Indonesia

Selain 3 negara tersebut, Jepang yang merupakan salah satu negara maju dengan ekonomi yang mapan, diperkirakan bakal berada pada peringkat ke-4 pada 2024. Sedangkan Rusia bakal naik ke peringkat 6.

Salah satu alasan yang membuat negara Asia mampu tumbuh signifikan pada 2024 adalah karena kelas menengah yang berkembang.

Baca juga:   Dugaan Korupsi Asabri Bikin Menko Luhut Sedih

Sementara Cina, sejauh ini telah menjadi anak cucu dari pertumbuhan pasar di abad ke-21. Negeri Tirai Bambu itu diperkirakan akan menangani populasi yang menua lebih banyak yang akan mengurangi konsumsi.

Indonesia, bersama dengan Filipina dan Malaysia, diperkirakan akan meningkatkan angkatan kerja secara signifikan di tahun-tahun mendatang. Hal ini berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan rata-rata.

Alasan lainnya adalah mulai tumbuhnya perusahaan multinasional asal Asia, seperti Huawei dari China dan Tata dari India. Perusahaan-perusahaan semacam itu bakal muncul kembali di kancah global.

Baca juga:   Cegah Penyelundupan Bahan Pokok, DJBC Fasilitasi Toserba Perbatasan Bebas Bea Masuk dan Pajak Impor

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), pertumbuhan yang cepat di Asia juga dipengaruhi oleh serangkaian masalah, seperti kesenjangan yang cepat tumbuh antara pendapatan pedesaan dan perkotaan, degradasi lingkungan, serta tantangan baru untuk tata kelola dan lembaga.(msn)

 

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi