[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Artikel”]
KeuanganNegara.id -Bank Indonesia (BI) mengajak generasi milenial mencintai kain nusantara (wastra) sebagai kebanggaan dan identitas nasional (local pride & identity). Milenial yang mencintai produk dalam negeri menjadi potensi pasar yang besar bagi perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengatakan untuk meningkatkan nilai tambah kain nusantara karya UMKM bank sentral berkolaborasi dengan desainer nasional agar sesuai dengan selera pasar, khususnya generasi milenial.
“Kerja sama ini juga diharapkan mampu menjadi sarana promosi kepada para pecinta wastra dan masyarakat luas. Sekaligus memasarkan produk UMKM secara internasional melalui peragaan busana yang diikuti oleh para desainer,” papar Destry dalam Pagelaran Karya Kreatif ‘Wastra Nusantara Balut Milenial Bergaya’ yang dikutip dari laman resmi BI, Selasa, 24 November 2020.
Bank Indonesia, tegasnya, juga bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga dalam melakukan pembinaan UMKM dari sisi produksi, pemasaran, dan peningkatan kapasitas keuangan, serta melakukan kegiatan kurasi bekerjasama dengan kurator internasional.
“Pagelaran Karya Kreatif Indonesia merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan akses pasar karya kreatif UMKM Binaan BI di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari pengembangan UMKM yang dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir,” ungkap dia.
Pagelaran Karya Kreatif ‘Wastra Nusantara Balut Milenial Bergaya’ merupakan rangkaian dari Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri III. Digelar secara virtual, Pagelaran Karya Kreatif menampilkan busana karya desainer Didiet Maulana yang mengolah kain Tenun Tanimbar karya UMKM Kelompok Rasalsam binaan BI Provinsi Maluku, dan Ayu Dyah Andari yang mengolah kain Tenun Lurik karya UMKM Tugu Mas binaan BI Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Mengusung tema ‘UMKM Sahabat Milenial’, pameran KKI Seri III berlangsung pada 20-22 November 2020 dan merupakan seri terakhir yang menutup seluruh rangkaian kegiatan Pameran KKI pada tahun ini. Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk mengunjungi pameran KKI 2020 secara virtual pada website KKI melalui fitur platform yang telah dibuka sejak 20 November hingga 22 November 2020.(msn)
Discussion about this post