Bukan Cuma Modal dan Covid-19, UMKM juga Terkendala Pasar hingga Bahan Baku

KeuanganNegara.id -Ekonom Enny Sri Hartati mengatakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah menghadapi kendala sebelum pandemi Covid-19.

Kendalanya bukan hanya terjadi di permodalan, tapi meliputi cara pemasaran, persoalan bahan baku, persoalan Sumber daya manusia (SDM) dengan keterampilan terbatas, dan sulit membuat kemasan.

“Jadi kalau kita lihat, permodalan memang masih menduduki (kendala) cukup tinggi tetapi tidak yang semuanya karena persoalan permodalan. Memang masih banyak persoalan termasuk persoalan perizinan dan sebagainya,” kata Enny dalam diskusi daring.

Baca juga:   Jokowi Janji Kendalikan Utang di Batas Aman

Sementara di masa pandemi Covid-19, UMKM makin terkendala penjualannya karena aktifitas masyarakat terganggu. Bahan baku yang biasanya lancar dari sisi suplai menjadi terhambat.

Distribusi barang pun menjadi lebih mahal karena perlu penyesuaian dan mematuhi protokol Covid-19 sehingga terjadi inefisiensi. Akibatnya produksi menurun, penghasilan terkendala, dan bermasalah dari sisi arus kas (likuiditas).

Baca juga:   Tutup Tahun, Menkeu Apresiasi Kinerja BEI di 2019

“Artinya likuiditas ini implikasi konsekuensi dari adanya problem persoalan Covid-19. Jadi persoalan utamanya itu bukan semata-mata persoalan gangguan likuiditas. Tapi yang terganggu adalah ekonomi masyarakat,” papar Enny.

Untuk itu, Enny meminta pemerintah membuat kebijakan yang mengacu pada fokus utamanya. Fokus utama bakal memetakan solusi yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi, dalam hal ini pandemi Covid-19.

Baca juga:   Pengusaha Bentuk Tim Kerja Kaji Omnibus Law

“Tapi yang menurut saya sederhana sekali sebenarnya, tetapi ini sangat penting ketika nanti kita membuat respon-respon kebijakan. Fokus ini untuk memetakan apa yang mereka respon dan apa yang direspon sudah sesuai atau belum,” pungkas Enny. (msn)

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi