DKI Anggarkan 150 Ribu Sumur Resapan Pencegah Banjir Dalam RAPBD 2021

KeuanganNegara.id -Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan pembangunan 150 ribu sumur resapan pencegah banjir dalam Rancangan APBD (RAPBD) 2021. Anggota Komisi D Bidang Pembangunan DPRD DKI Jakarta Dedi Supriadi mengatakan jumlah sumur resapan yang akan dibangun itu telah dipangkas separuhnya.

“Program ini secara prinsip sudah dimatangkan oleh Komisi D dan Dinas Sumber Daya Air (SDA), kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 2 Desember 2020.

Jumlah sumur resapan itu lebih sedikit ketimbang usulan anggaran dalam Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2021. Pemprov DKI Jakarta sebelumnya mengusulkan Rp 400 miliar untuk membangun 300 ribu sumur resapan.

Baca juga:   Kabinet Baru Diramal Topang IHSG pada Hari Ini

Menurut Dedi, 150 ribu sumur resapan akan dibangun dalam beberapa jenis, seperti beton, sumur, atau modular tank. Pemerintah DKI mempertimbangkan kapasitas serap air dan tempat penanaman sumur resapan dalam program penanggulangan banjir Jakarta ini.

Sumur resapan itu akan ditempatkan di lahan milik Pemprov DKI Jakarta, seperti perkantoran dan ruang terbuka hijau (RTH). “Namun, dewan juga meminta Pemprov menanam sumur resapan ini di daerah-daerah yang seringkali mudah mengalami genangan saat hujan turun,” ucap politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Baca juga:   BI: Neraca Perdagangan RI Bakal Surplus Signifikan di Mei 2020

Tahun ini, Pemerintah DKI menargetkan membangun 60 vertikal drainase atau sumur resapan di setiap rukun tetangga atau RT hingga akhir 2020. Kepala Dinas SDA DKI Juaini Yusuf mengatakan, baru menyelesaikan 4 ribu sumur resapan hingga September 2020.

Baca juga: Bangun Sumur Resapan di Jakarta Utara, DKI: Baru 2 Meter Masuk Air Laut

Baca juga:   Rupiah Turun ke Rp14.080 per Dolar AS Akibat Pernyataan Trump

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tertuang target pembangunan 2 juta sumur resapan pencegah genangan dan banjir Jakarta hingga 2022.(msn)

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi