IMF: Bila tak diberi insentif, UMKM bisa rugi 12% di tahun ini

KeuanganNegara.id -Negara-negara di dunia kini tengah menghadapi pandemi Covid-19. Tingkat kedalaman dampak pandemi tersebut terhadap negara-negara tentu berbeda-beda, dan ini yang menyebabkan adanya perbedaan terkait respons kebijakan.

Dana Moneter Internasional (IMF) melihat, dampak negatif Covid-19 akan lebih terlihat pada negara-negara berkembang. Salah satu sektor negara berkembang yang akan terdampak besar adalah sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva melihat, pentingnya uluran tangan bagi UMKM di negara-negara G20. Pasalnya, kalau UMKM tidak mendapat bantuan yang memadai, sektor tersebut bisa rugi 12% di tahun ini, atau tiga kali lipat dari rata-rata estimasi kerugian semula yang sebesar 4%.

Baca juga:   Erick Ungkap Banyak Peluang Kerja Sama dengan Inggris

“Tentu saja peningkatan kerugian tersebut bisa mengancam akan menambah pengangguran karena seperti yang kita tahu sektor ini merupakan penggerak utama penyerapan tenaga kerja. Selain itu, ini bisa membahayakan neraca bank,” kata Georgieva dalam keterangan resmi.

Namun, sejauh ini Georgieva mengapresiasi stimulus yang telah diberikan negara-negara G20 dalam membantu sektor UMKM, seperti keringanan pajak, kontribusi jaminan sosial, hibah, dan subsidi suku bunga.

Baca juga:   Ciptaker Lindungi UMKM dari Praktik Kemitraan yang Bersifat Predatory

Tentu saja usaha dukungan tersebut membutuhkan effort yang sangat besar, bahkan seiring dengan peningkatan tingkat utang yang bisa menjadi kekhawatiran tersendiri. Akan tetapi, dalam krisis seperti ini, langkah tersebut memang merupakan langah yang dibutuhkan.

Tentu saja, Georgieva menyarankan agar pemerintah negara-negara G20 tetap harus terukur dalam menyalurkan bantuan dan ini jelas tertera dalam anggaran. Bantuan yang dianggarkan juga perlu memperhatikan efektivitas pembiayaan dan keberlanjutan utang jangka menengah. (msn)

Baca juga:   Pernyataan Trump Tekan Rupiah ke Rp14.030 per Dolar AS

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi