Kemenkeu: Fiskal yang Sehat Itu Apabila Mampu Menstimulasi Ekonomi

KeuanganNegara.id -Kepala Pusat Kebijakan APBN Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Ubaidi S Hamidi tidak menampik ketahanan fiskal mendapat tekanan di tengah pandemi COVID-19. Meski begitu, ia memastikan tantangan tersebut masih bisa dikelola dengan baik.

Ubaidi mengatakan fiskal harus tetap sehat untuk membantu menjaga perekonomian. Namun, ia mengungkapkan fiskal yang sehat tidak hanya untuk menstimulasi ekonomi.

Baca juga:   Kemenperin: Ponsel Ilegal Buat Negara Rugi Rp2,81 T per Tahun

“Fiskal yang sehat itu memang apabila dia mampu menstimulasi perekonomian. Di samping itu juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Ubaidi saat webinar yang digelar INDEF, Senin (23/11).

Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kiri) memaparkan realisasi APBN 2020 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (19/2). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Untuk itu, Ubaidi menjelaskan dalam menyusun asumsi APBN harus ada asumsi makro, pertumbuhan ekonomi, dan beberapa indikator mengenai kesejahteraan masyarakat.

Baca juga:   Strategi BI Mengembangkan Pasar Uang di Era Digital

“Kita juga harus memenuhi indikator likuiditas dan sustainabilitas,” ujar Ubaidi.

Ubaidi menegaskan pemerintah saat ini terus berupaya mengefektifkan fiskal yang ada khususnya dalam menangani pandemi COVID-19. Ia mengatakan harus ada akselerasi kebijakan terkait fiskal yang harus terus dilakukan.

“Akselerasi beberapa program strategis bisa dilakukan. Jadi bauran beberapa kebijakan itu juga harus terap dioptimalkan terutama mendukung sektor prioritas yang diharapkan dapat mengungkit sisi perekonomian baik bauran fiskal, moneter, ataupun sektor sisi keuangan,” tutur Ubaidi.(msn)

Baca juga:   Dampak Pandemi, 21 Persen Pengusaha Muda Terpaksa Gulung Tikar

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi