Lelang 5 Seri Sukuk, Pemerintah Serap Rp 11 Triliun

KeuanganNegara.id -Pemerintah kembali melanjutkan lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara pada hari Selasa (21/7/2020).

Dikutip dari siaran pers Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pemerintah mendapatkan Rp 11 triliun dari lelang Sukuk Negara hari ini.

“Total penawaran yang masuk sebesar Rp 40,2 triliun,” tulis DJPPR.

Baca juga:   Penyebab UKM Sulit Terhubung dengan Perusahaan Besar

Lelang dilakukan untuk memenuhi pembiayaan di Anggaran Pendapatan dan Negara (APBN) 2020.

Nilai lelang Sukuk Negara sebesar Rp 11 triliun tersebut lebih besar dari target indikatif pemerintah yakni Rp 8 triliun.

Adapun Seri SBSN yang dilelang adalah seri SPN-S (Surat Perbendaharaan Negara – Syariah) dan PBS (Project Based Sukuk. Ada 5 seru Sukuk Negara yang akan dilelang yakni SPN-S 08012021, PBS-002, PBS-026, PBS-022 dan PBS-028.

Baca juga:   Dalam Revisi UU Bank Indonesia, Pengawasan Perbankan Dikembalikan ke BI

Tanggal jatuh temponya yakni mulai 8 Januari 2021 hingga 15 Oktober 2046. Adapun imbalannya yakni mulai diskonto hingga 8,62 persen.

Lelang SBSN dilaksanakan dengan menggunakan sistem pelelangan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia sebagai Agen Lelang SBSN. Lelang bersifat terbuka (open auction) dan menggunakan metode harga beragam (multiple price).

Baca juga:   Sri Mulyani Sebut Jumlah Pelapor SPT Naik 34 Persen

Pada prinsipnya, semua pihak, baik investor individu maupun institusi, dapat menyampaikan penawaran pembelian (bids) dalam lelang. Namun dalam pelaksanaannya, penyampaian penawaran pembelian harus melalui Dealer Utama yang telah mendapat persetujuan dari Kementerian Keuangan.(msn)

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi