Pandemi Covid-19 Ubah Perilaku Masyarakat Berinvestasi

KeuanganNegara.id -Perencana keuangan Prita Ghozie mengatakan pandemi Covid-19 mengubah perilaku masyarakat dalam menentukan instrumen investasi. Sebab wabah ini mempengaruhi tingkat pendapatan.

Menurut Prita, masyarakat mencari investasi yang secara risiko bisa dikelola. “Jadi saat menempatkan uang, pasti akan benar-benar hati-hati, tidak mau sembarangan mencari aset investasi,” kata dia dalam diskusi daring sebelum peluncuran ORI017 di Jakarta.

Mengingat wabah virus corona ini mempengaruhi tingkat penghasilan, maka masyarakat saat ini juga tidak menoleransi adanya risiko likuiditas yang terlalu tinggi. Artinya, mereka ingin mencairkan uang yang sudah diinvestasikan jika sewaktu-waktu memerlukan dana segar.

Baca juga:   Rupiah Masih Tertekan Virus Corona, Melemah ke Rp13.700

Dia menyebut, masyarakat saat ini, juga menghindari instrumen investasi yang memiliki risiko gagal bayar. Untuk itu, instrumen investasi yang likuid dan bisa ditentukan jangka waktu pencairannya menjadi pilihan yang dicari.

Tak hanya itu, kemudahan dalam berinvestasi seperti dana investasi yang terjangkau dan bisa diakses secara digital juga banyak digemari masyarakat saat ini. Apalagi, saat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Baca juga:   Konsumsi BBM Jelang Lebaran Turun 27,5 Persen

“Itu tren yang banyak dicari masyarakat, terutama mereka yang baru melek investasi. Dia akan cari investasi cukup dekat dengan mereka, mudah dijangkau dan bisa dilakukan dari mana saja,” kata Prita.

Pemerintah bersiap menawarkan surat berharga negara (SBN) yaitu obligasi negara ritel (ORI) mulai 15 Juni hingga 9 Juli 2020. Prita mengatakan investasi itu bisa menjadi pilihan karena selain aman dan memberikan imbal hasil menarik, juga bisa berkontribusi bagi pembangunan negara.

Baca juga:   Politisi Jadi Komisaris Bank BUMN, Ini Penjelasan Erick Thohir

“Apalagi sudah terjangkau bisa diikuti nominal Rp 1 juta, bisa beli SBN ritel, bebas tipu-tipu dan ini dikeluarkan negara dan dijamin negara itu fitur pembedanya,” ujarnya.(msn)

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi