Pemerintah Akan Bantu Cicilan KPR Masyarakat Terimbas Corona

KeuanganNegara.id-Pemerintah menjanjikan kelonggaran atau relaksasi kredit kepada pelaku usaha mikro dan kecil yang penghasilannya terdampak virus corona (COVID-19).

Keringanan tersebut termasuk membayar cicilan kendaraan bermotor. Kelonggaran kredit ini diatur dalam POJK Nomor 11/POJK.03/2020 yang berlaku sejak 16 Maret 2020 hingga 31 Maret 2021.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui, saat ini terdapat perusahaan leasing yang belum mengindahkan peraturan itu. Namun dia berjanji mulai April 2020, perusahaan leasing sudah mematuhi aturan ini.

Baca juga:   Industri "E-commerce" Minta Kejelasan Aturan Pajak Berlapis

“Sudah saya konfirmasi ke OJK. Dimulai April ini efektif. Saya juga sudah terima aturan OJK khusus soal kredit tadi. Sekali lagi, April ini sudah jalan,” tegasnya dalam konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat

Dia menegaskan, keringanan pembayaran kredit ini ditujukan untuk pekerja informal dan UMKM yang nilai kreditnya di bawah Rp 10 miliar. Sebab di saat virus corona mewabah, dua golongan itu begitu terdampak negatif.

Baca juga:   Impor Sepeda Mulai Diatur, Berikut Beberapa Sepeda Lipat Produk Dalam Negeri

“Keringanan pembayaran kredit bagi para pekerja informal, bagi ojek online, sopir taksi, UMKM, nelayan dengan penghasilan harian dan kredit (UMKM) di bawah Rp 10 miliar, OJK telah menerbitkan keringanan tersebut,” kata Jokowi.

Berdasarkan beleid yang diterbitkan OJK itu, keringanan kredit dapat diberikan dalam periode waktu maksimum 1 tahun dalam bentuk penyesuaian pembayaran cicilan pokok/bunga, perpanjangan waktu atau hal lain yang ditetapkan oleh bank/leasing. (msn)

Baca juga:   Harga Beras di 24 Kota Tetap Naik Meski Indonesia Sedang Panen Raya
Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi