4 Langkah Lanjutan BI Sokong Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

KeuanganNegara.id -Bank Indonesia (BI) baru saja menurunkan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps), dari level 4,25 persen menjadi 4,0 persen. Selain itu, bank sentral juga menempuh empat langkah lanjutan guna mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19.

Mengutip akun instagram resmi BI @bank_indonesia, keempat langkah lanjutan otoritas moneter tersebut, yakni pertama, melanjutkan kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai nilai fundamental dan mekanisme pasar di tengah masih berlanjutnya ketidakpastian pasar keuangan global.

Baca juga:   Menimbang Untung Rugi Bonus Lima Kali Gaji di Omnibus Law

Kedua, penguatan sinergi ekspansi moneter dengan akselerasi stimulus fiskal pemerintah terus dilakukan. Antara lain dengan melakukan pendanaan atas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 melalui pembelian Surat Berharga Negara (SBN) dari pasar perdana secara terukur.

“Di samping itu, Bank Indonesia juga berbagi beban (burden sharing) dengan pemerintah untuk mempercepat pemulihan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) dan korporasi,” jelas Bank Indonesia.

Baca juga:   Indeks Keyakinan Konsumen Juli 2019 Turun

Ketiga, memperkuat koordinasi langkah-langkah kebijakan dengan pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

“Termasuk penyediaan pendanaan bagi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melalui mekanisme repo dan/atau pembelian SBN yang dimiliki LPS sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 33 Tahun 2020,” urainya.

Baca juga:   Defisit anggaran 5,5% PDB di 2021, Menkeu: Masih ada ketidakpastian akibat Covid-19

Keempat, mempercepat digitalisasi sistem pembayaran untuk implementasi ekonomi dan keuangan digital sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi melalui kolaborasi antara bank dan fintech.

“Hal ini dilakukan untuk melebarkan akses UMKM dan masyarakat kepada layanan ekonomi dan keuangan,” tutup siaran Bank Indonesia tersebut.(msn)

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi