Angka Kemiskinan Meningkat, Sri Mulyani: Kita Harus Antisipasi

KeuanganNegara.id -Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, lonjakan jumlah penduduk miskin yang terjadi Maret 2020 harus diantisipasi dengan respon kebijakan.

Untuk diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan terjadi peningkatan penduduk miskin dari 25,1 juta menjadi 26,4 juta pada periode Maret 2020.

Secara persentase, jumlah penduduk miskin pada Maret 2020 tercatat sebesar 9,78 persen meningkat 0,56 poin persentase terhadap September 2019 dan meningkat 0,37 poin persentase terhadap Maret 2019.

Baca juga:   Darmin Nilai Efek Suku Bunga BI Turun Tak Bisa Instan

“Kalau dilihat tingkat kemiskinan mengalami peningkatan, harus diantisipasi respon policynya. Jumlah penduduk miskin dari 25,1 juta menjadi 26,4 juta. Secara persentasi 9,78 persen,” jelas Sri Mulyani dalam video conference.

Bendahara Negara itu pun menjelaskan, meski peningkatan jumlah penduduk miskin terjadi baik di kota maupun desa, namun kenaikan di kota lebih tajam dari di desa.

Baca juga:   Ketua UMKM Minta BI Bebaskan Biaya Transaksi Kode QR 0,7%

Secara rinci, jumlah penduduk miskin di desa meningkat jadi 12,82 persen dari 12,6 persen pada September 2019. Sementara di kota naik dari 6,56 persen menjadi 7,38 persen dari total populasi.

Adapun untuk gini ratio, pada Maret 2020 tercatat sebesar 0,381, meningkat 0,001 poin jika dibandingkan dengan gini ratio pada September 2019 yang sebesar 0,380.

Namun demikian, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, di mana gini ratio Maret 2019 0,382, maka menurun 0,001 poin.

Baca juga:   Direksi Garuda Indonesia Diminta Cermat Selamatkan Perusahaan

“Dari gini ratio yang sudah menurun dan membaik ada kenaikan dikit, namun belum signifikan. Kita harus hati-hati, desain ekonomi harus kita jaga,” ujar dia.(msn)

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi