Ringankan Korban PHK, Menaker Buka Program Kewirausahaan

KeuanganNegara.id -Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) secara resmi membuka program kewirausahaan bertajuk Pembekalan Kewirausahaan (Inkubasi Bisnis In Wall) di Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK dan PKK) Lembang, Bandung Barat. Hal ini bermanfaat bagi pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan di tengah pandemi Covid-19.

“Pentingnya pelatihan inkubasi bisnis untuk melahirkan wirausaha. Jenis usaha ultramikro, mikro dan kecil menjadi penyerap tenaga kerja terbesar, yaitu lebih dari 70 persen. Hal ini juga bisa bermanfaat bagi pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis.

Baca juga:   ICW Nilai RUU Minerba Sarat Kepentingan Elite Kaya

Kemudian, ia melanjutkan sudah menginstruksikan pada jajaran BBPPK dan PKK untuk terus mengembangkan berbagai program pelatihan dan melakukan sinergi dengan sejumlah stakeholders terkait untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja dan perluasan pasar kerja.

Pembekalan kewirausahaan inkubasi bisnis bertujuan memberikan bekal dan pendampingan kepada para peserta, sehingga mampu menjadi wirausahawan yang tangguh, inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi.

Baca juga:   Menkop Minta Mentan Tinjau Ulang Izin Impor Kopi

“Inkubasi bisnis ini merupakan salah satu tahapan untuk memberdayakan wirausaha maupun calon wirausaha potensial melalui kegiatan bimbingan kewirausahaan dalam jangka waktu tertentu dan pendampingan usaha berbasis pemanfaatan sumber daya lokal yang kreatif dan inovatif,” kata dia.

Kegiatan pembekalan kewirausahaan inkubasi bisnis ini diselenggarakan selama lima hari yaitu 19 sampai 24 Juli 2020 dan diikuti oleh peserta sebanyak 200 orang yang terdiri dari Provinsi Banten sebanyak 19 orang, DKI Jakarta sebanyak 31 orang, Jawa Barat sebanyak 39 orang, Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 10 orang, Jawa Tengah 51 orang dan Jawa Timur sebanyak 50 orang.

Baca juga:   13,6 Juta rekening calon penerima subsidi gaji telah dikumpulkan BPJS Ketenagakerjaan

“Jumlah peserta tersebut dikelompokkan pada enam jenis usaha, yaitu pertanian, perikanan, peternakan, pengolahan (kuliner), jasa dan industri kreatif,” ucap dia.(msn)

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi