Ekonomi China Mulai Tumbuh Kembali

KeuanganNegara.id -Ekonomi China tumbuh 3,2 persen pada kuartal kedua setelah sempat mencapai rekor penurunan tahun ini. Ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut mengalami penurunan tajam dalam tiga bulan pertama tahun ini selama pembatasan wilayah untuk mencegar penyebaran Covid-19.

Angka yang dirilis pada Rabu (15/7) menunjukkan Produk Domestik Bruto (PDB) China kembali membaik sepanjang April hingga Juni. Dilansir di BBC, Kamis (16/7) disebutkan, angka pertumbuhan ekonomi China jadi dipantau ketat oleh seluruh dunia ketika China memulai kembali ekonominya.

Baca juga:   IHSG Diprediksi Melemah

Pertumbuhan PDB China sebesar 3,2 persen itu lebih tinggi dibandingkan diprediksi para ahli dan mengarah ke pemulihan berbentuk kurva V, yaitu penurunan tajam diikuti oleh pemulihan cepat. Ini juga berarti China menghindari masuk ke dalam resesi teknis yang ditandai sebagai dua periode pertumbuhan negatif berturut-turut

Bounce-back ini mengikuti penurunan tajam 6,8 persen pertumbuhan ekonomi China pada kuartal pertama tahun ini. Kondisi itu merupakan kontraksi terbesar sejak catatan PDB kuartalan China dimulai.

Baca juga:   Kualitas Belanja APBN 2018 Membaik, DPR Setujui RUU P2 APBN TA 2018

Pabrik-pabrik dan bisnis-bisnis di sana sempat tutup karena China menerapkan langkah-langkah tegas untuk menekan penyebaran virus corona. Pemerintah telah meluncurkan sejumlah langkah untuk membantu meningkatkan perekonomian, termasuk keringanan pajak.

Sebuah catatan penelitian dari Deutsche Bank menyatakan pemulihan berbentuk kurva V sebagian besar telah selesai.

“Pengeluaran konsumen masih di bawah saat pra-Covid, tetapi kesenjangan yang tersisa sebagian besar terkonsentrasi di beberapa sektor: perjalanan, makan, layanan rekreasi, di mana pemulihan cepat tidak mungkin terjadi,” jelas Deutsche Bank.

Baca juga:   Ini Cara Menteri Keuangan jaga ekonomi 2021 di level 4,5%-5,5%

Pada bulan Mei, China mengumumkan tidak akan menetapkan target pertumbuhan ekonomi untuk 2020 karena masih berurusan dengan dampak pandemi virus corona.

Pernyataan itu adalah pertama kalinya Beijing tidak memiliki target pertumbuhan PDB sejak 1990 ketika pencatatan dimulai. Untuk enam bulan pertama tahun ini, ekonomi China turun 1,6 persen, menurut Biro Statistik Nasional.(msn)

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi