Harga minyak sawit mentah(CPO) melonjak RM 2.616 per ton

KeuanganNegara.id -Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) melonjak dalam sepekan terakhir. Pada penutupan perdagangan harga CPO untuk kontrak pengiriman Oktober 2020 di Bursa Malaysia Derivatif telah berada di level Rp RM 2.616 per ton.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan penguatan harga minyak CPO yang cukup signifikan ini tidak terlepas dari berkurangnya produksi CPO di Indonesia dan Malaysia belakangan ini.

“Bersamaan dengan musim kemarau di sebagian wilayah Indonesia dan Malaysia, produksi CPO pun akhirnya berkurang. Dengan menurunnya suplai CPO, sementara permintaan cukup tinggi, harga CPO pun akhirnya bisa menembus RM 2.600 per ton,” ujar Ibrahim.

Baca juga:   Pertamina-Petronas Sepakat Jual-Beli Minyak Hingga Rp6,8 T

Ibrahim mengatakan, permintaan yang masih tinggi datang dari China. Hal ini tidak terlepas dari PDB China yang membaik pada kuartal II-2020, sehingga permintaan CPO pun kembali meningkat. Selain itu, melemahnya harga ringgit Malaysia turut membantu penguatan harga CPO.

Ke depan, Ibrahim memperkirakan, harga CPO akan fluktuatif walau cenderung masih akan terus berada dalam tren positif. Salah satu sentimennya adalah pemerintah Indonesia dan Malaysia yang akan kembali fokus dalam produksi biodiesel.

Baca juga:   Rupiah Tertekan ke Level Rp14.175 per Dolar AS

“Indonesia dan Malaysia akan kembali meningkatkan penggunaan B30 dan B50 yang tentunya akan menyerap banyak produksi CPO. Lebih lanjut, para spekulan juga cenderung mengarahkan investasinya ke CPO sehingga memungkinan CPO kembali mengalami penguatan,” tambah Ibrahim.

Ibrahim melihat, saat ini CPO tengah menguji area resistance di level RM 2.800 per ton. Menurutnya, dengan pergerakan CPO yang berhasil naik dari RM 2.400-an ke RM 2.600-an dalam seminggu, level RM 2.800 akan berpotensi untuk ditembus pada bulan ini.

Baca juga:   Sri Mulyani Waspadai Resesi Ekonomi di Beberapa Negara

Sementara pada akhir tahun nanti, dengan sentimen meningkatnya permintaan seiring ekonomi yang mulai pulih dan produksi biodiesel, Ibrahim cukup optimistis CPO bisa mendekati level RM 3.000 per ton.(msn)

 

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi