Keuangan Negara
  • Hot News
  • Internasional
  • Nasional
  • Daerah
  • BUMN & BUMD
  • Ekonomi
    • Bisnis
    • E-commerce
    • Finansial
  • Hukum
    • Daftar
    • Pemeriksaan
    • Pengadilan
  • Investasi
  • Dasar Pengetahuan
No Result
View All Result
  • Hot News
  • Internasional
  • Nasional
  • Daerah
  • BUMN & BUMD
  • Ekonomi
    • Bisnis
    • E-commerce
    • Finansial
  • Hukum
    • Daftar
    • Pemeriksaan
    • Pengadilan
  • Investasi
  • Dasar Pengetahuan
  • Login
No Result
View All Result
Keuangan Negara
No Result
View All Result
Home Nasional

Tujuh Fakta Tol Cisumdawu, Tol Terindah di Indonesia

Keuangan Negara Indonesia by Keuangan Negara Indonesia
2020-01-21
in Nasional
Reading Time: 3 mins read
A A
0
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsApp

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Baca Artikel”]

KeuanganNegara.id-Pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditargetkan rampung akhir tahun ini. Jalan tol yang akan mempercepat akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (Kertajati) dan Pelabuhan Patimban ini akan menjadi tol terindah di Indonesia.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Danang Parikesit, mengatakan jalan tol sepanjang 60,84 km tersebut konstruksinya melintasi perbukitan. Tol Cisumdawu berada di cekungan yang dikelilingi tiga gunung vulkanik, yakni Gunung Tampomas, Manglayang, dan Patuha.

Proyek ini juga merupakan tol pertama dengan dua terowongan yang dibuat menembus bukit sepanjang 472 meter. Seperti dilansir Bisnis.com, di atas terowongan akan ditambahkan ornamen flora sehingga menambah keindahan jalan tol tersebut.

Berikut ini tujuh fakta mengenai Tol Cisumdawu yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Proyek Strategis Nasional (PSN) didanai pinjaman pemerintah Tiongkok dan BUJT

Tol Cisumdawu yang terdiri atas enam seksi ini memiliki beberapa sumber pendanaan, yakni dari pinjaman pemerintah Tiongkok sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) dan investasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol. Dana APBN dan pinjaman dari pemerintah Tiongkok akan digunakan untuk membangun seksi I dan II dengan nilai total Rp 6,6 triliun. Seksi III hingga seksi VI akan dibiayai BUJT dengan investasi Rp 8,1 triliun.

Seksi I Cileunyi-Rancakalong sepanjang 11,45 km dan seksi II Rancakalong-Sumedang sepanjang 23,4 km. Sementara itu, seksi III Sumedang-Cimalaka 4,5 km, seksi IV Cimalaka-Legok 8,2 km, seksi V Legok-Ujung Jaya sepanjang 14,9 km, dan seksi VI Ujung Jaya sepanjang 4,23 km.

PROYEK JALAN TOL CISUMDAWU

 

2. Mempersingkat waktu tempuh Bandung-Bandara Kertajati jadi 45 menit

Proyek tol Cisumdawu akan mempersingkat jarak tempuh dari Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (Kertajati) di Majalengka menjadi 45 menit hingga maksimal satu jam. Sebelumnya, perlu waktu sekitar 3,5 jam untuk menghubungkan kedua kota tersebut. “Tidak perlu memutar lagi untuk sampai ke Bandara Kertajati,” kata Kasatker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Cisumdawu, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Yusrizal Kurniawan.

Hal ini akan memperlancar akses masyarakat dari Bandung ke Kertajati dan sebaliknya. Seperti diketahui, Bandara Internasional Jawa Barat itu menjadi hub untuk penerbangan haji, umrah, dan pusat penerbangan domestik untuk rute ke luar Pulau Jawa. Adapun Bandara Husein Sastranegara di Bandung akan melayani pesawat baling-baling karena landasannya pendek, cekung, dan berada di kawasan padat penduduk.

(Baca: Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun Ini, Tol Cisumdawu Terhambat Lahan)

3. Terowongan kembar dengan teknologi anti-longsor

Proyek tol ini memiliki dua struktur terowongan kembar sepanjang 472 meter dan lebar 15 meter. Terowongan tersebut dibangun oleh kontraktor asal Tiongkok, Metallurgy Corporation of China (MCC) yang memberikan transfer teknologi kepada insinyur dan tenaga konstruksi Indonesia.

Terowongan dibangun di lahan yang rawan longsor sehingga digunakan teknologi New Austrian Tunneling Method (NATM). Seperti dilansir Kompas.com, sistem rekayasa terowongan ini memaksimalkan resistensi yang melekat di tanah dan kapasitas dukungannya. NATM memungkinkan deformasi massa batuan sebelum menstabilkan terowongan sehingga mengurangi jumlah bahan pendukung tambahan.

Terowongan ditutup dengan lapisan beton yang disemprotkan (shotcrete) agar meningkatkan kohesi internal massa batuan, memperkuat galian pendukung, dan bertindak sebagai lapisan sementara maupun lapisan akhir. Pembangunan terowongan menelan dana Rp 890 miliar dalam waktu 1,5 tahun.

Proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)

 

4. Memiliki tujuh simpang susun

Tol Cisumdawu memiliki tujuh simpang susun. Ketujuh simpang susun (SS) tersebut adalah Junction Cileunyi, SS Rancakalong, SS Sumedang, SS Cimalaka, SS Legok, SS Ujung Jaya, dan Junction Dawuan.

5. Terkendala pembebasan lahan

Masalah pembebasan lahan menjadi masalah klasik yang kerap dihadapi dalam pembangunan infrastruktur, termasuk untuk proyek Tol Cisumdawu. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pembebasan tanah untuk proyek tersebut mencapai 70%. “Ada 30% yang belum. Kami sudah sepakat dengan menteri, penyelesaiannya ada di bupati dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN),” ujar Luhut, Senin (6/1).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembebasan lahan yang agak lambat ada di seksi IV dan V. “Kami harapkan pada Desember 2020, seksi I, II, III, dan VI selesai. Untuk seksi IV dan V kami gunakan jalan kabupaten, provinsi atau jalan negara yang menghubungkannya,” kata Budi.

6. Pemerintah ambil alih pengerjaan konstruksi dari kontraktor Tiongkok

Pemerintah mengambil alih sebagian porsi pengerjaan proyek Tol Cisumdawu dari kontraktor Tiongkok karena pengerjaannya dinilai lambat. Semula porsi kontraktor Tiongkok mencapai 65% dan Indonesia 35%.

“Saat ini pengerjaannya telah menjadi 45% oleh kontraktor asal Tiongkok dan 55% oleh Kementerian PUPR,” ujar Danang dalam siaran pers. Porsi yang diambil alih adalah sebagian dari pembangunan seksi II Rancakalong-Sumedang.

7. Seksi I-III beroperasi layani arus mudik Lebaran 2020

Kementerian PUPR menargetkan seksi I-III Tol Cisumdawu sepanjang 33 km dapat difungsikan untuk melayani arus mudik Lebaran 2020. Menurut Danang, pada Lebaran 2019 lalu jalan tol ini sudah dibuka tetapi hanya sampai di Terowongan Rancakalong. (katadata)

Share this:

  • Click to share on Twitter (Opens in new window)
  • Click to share on Facebook (Opens in new window)
Tags: Infrastruktur
Previous Post

IESR Nilai Pemerintah Inkonsisten Batasi Produksi Batu Bara

Next Post

Rupiah Melemah ke Rp13.646 per Dolar AS Tertekan Ramalan IMF

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Rupiah Melemah ke Rp13.646 per Dolar AS Tertekan Ramalan IMF

Discussion about this post

Stay Connected

  • Trending
  • Comments
  • Latest

Gaji Terusan

2018-04-26

Siklus Anggaran

2018-04-26

Laporan Operasional

2018-04-26

Menu-menu pada Aplikasi OM-SPAN

2018-04-26

Kenapa Anda Baru Ribut Soal Utang Indonesia Sekarang? 42 Tahun Anda Kemana?

0

Jokowi Targetkan Kemudahan Berbisnis 40 Besar Dunia Tahun 2019

0

Presiden Jokowi: APBN-P 2017, Prioritaskan Program Yang Berdampak Langsung Bagi Masyarakat

0

Menkeu: Capai Target Sekaligus Jaga Iklim Bisnis

0

Kemenkeu Sebut Program Tapera Bisa Diikuti Peserta yang Punya Rumah

2021-06-30

Ramalan BI soal Tapering Off The Fed dan Siasat Mengantisipasinya

2021-06-30

OJK Pastikan Pinjol Legal Tidak Bisa Akses Kontak dan Galeri HP Debitur

2021-06-30

SKK Migas: Tujuh Proyek Hulu Migas Senilai Rp 21,12 Triliun Rampung

2021-06-30

Recent News

Kemenkeu Sebut Program Tapera Bisa Diikuti Peserta yang Punya Rumah

2021-06-30

Ramalan BI soal Tapering Off The Fed dan Siasat Mengantisipasinya

2021-06-30

OJK Pastikan Pinjol Legal Tidak Bisa Akses Kontak dan Galeri HP Debitur

2021-06-30

SKK Migas: Tujuh Proyek Hulu Migas Senilai Rp 21,12 Triliun Rampung

2021-06-30

Tentang Keuangan Negara

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi

Follow Us

Menjadi Penulis

Keuangan Negara membuka kesempatan kepada siapapun dengan latar belakang apapun untuk bergabung menjadi kontributor.

Bagi yang ingin bergabung menulis, kirimkan contoh artikelnya ke email [email protected]

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi halaman berikut ini.

Telusuri Berdasarkan Kategori

  • Artikel
  • Bisnis
  • BUMN & BUMD
  • Daerah
  • Daftar
  • Dasar Pengetahuan
  • E-commerce
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Hot News
  • Hukum
  • Internasional
  • Investasi
  • Nasional
  • Pemeriksaan
  • Pengadilan
  • Tanya & Jawab
  • Tentang Kami
  • Menjadi Penulis
  • Pedoman Media Siber
  • Hubungi Kami
  • Advertising

© 2017 Keuangan Negara

No Result
View All Result
  • Hot News
  • Internasional
  • Nasional
  • Daerah
  • BUMN & BUMD
  • Ekonomi
    • Bisnis
    • E-commerce
    • Finansial
  • Hukum
    • Daftar
    • Pemeriksaan
    • Pengadilan
  • Investasi
  • Dasar Pengetahuan
  • Login

© 2017 Keuangan Negara

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In