Pembebasan Bea Masuk Impor Capai Rp 1,5 Triliun, Ini Penyumbang Terbesarnya

KeuanganNegara.id -“Pembebasan biaya masuk dalam rangka impor sudah mencapai Rp 1,5 triliun sampai tanggal 13 Juli kemarin,” ujarnya dalam diskusi virtual.

Secara rinci, Untung menjelaskan bahwa pembebasan bea masuk ini terbagi atas 3 bagian. Pertama, pembebasan bea masuk untuk fasilitas alat kesehatan Covid-19 tercatat ada sebesar Rp 1,02 triliun.

Kedua, pembebasan bea masuk fasilitas pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Badan Layanan Umum (BLU) sebesar Rp 337 miliar.

Baca juga:   Rencana Damai Dagang AS-China Dorong Harga Minyak Naik

“Sementara untuk ketiga yaitu fasilitas untuk yayasan atau lembaga non-profit sebesar Rp 141 miliar,” kata dia.

Saat ini, Untung mengakui permintaan alat medis masih cukup tinggi di Indonesia sejalan dengan masih terjadinya pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Sementara itu Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan Syarif Hidayat mengatakan hal yang sama. Ia menyebut sejauh ini permintaan akan pembebasan biaya alat kesehatan, terbilang tinggi.

Baca juga:   Minyak Dunia Turun, Jokowi Minta Harga BBM Dihitung Ulang

“Banyak yang sudah mengajukan permohonan untuk pengurusan pembebasan biaya. Sejauh ini sudah ada 15.000 dokumen permohonan yang diajukan, dan dari total keseluruhan dokumen yang masuk itu, baru 11.000 dokumen permohonan yang sudah disetujui,” ucapnya.

Sementara itu sisa dokumennya dikembalikan lagi kepada pemohon untuk dilengkapi kembali agar bisa sesuai dengan syarat ketentuan yang berlaku.

Baca juga:   Subsidi Upah Bentuk Hadiah Pemerintah Bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

“Jadi sisa dari total tadi, ada beberapa yang kami kembalikan, bukan kami tolak. Kami kembalikan dokumennya itu dalam rangka agar dilengkapi kembali dan bisa mengajukan permohonan pembebasan biaya,” kata Syarif.(msn)

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi