Perbankan Jadi Sektor Andalan Pulihkan Ekonomi RI

KeuanganNegara.id -Perbankan dinilai menjadi sektor andalan dalam pemulihan ekonomi Indonesia. Sektor ini juga masih cukup kuat di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Mei 2020, rasio kecukupan permodalan (CAR) perbankan sebesar 22,16 persen atau di atas ketentuan yang sebesar 8 persen.

Sementara hingga 17 Juni, rasio alat likuid/ non-core deposit dan alat likuid/DPK terpantau pada level 123,2 persen dan 26,2 persen, jauh di atas threshold masing-masing sebesar 50 persen dan 10 persen.

Penurunan suku bunga acuan hingga saat ini yang sudah 175 basis poin ke level 4 persen juga bertujuan untuk menstimulus dunia usaha.

Deputi Gubenur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti, mengatakan bahwa program penjaminan bagi perbankan sangat penting demi menjamin penyaluran kredit. Tujuannya adalah demi pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga:   Luhut: Bank Dunia Naikkan Indonesia Jadi "Upper Middle Income Country"

“Dalam kondisi new normal karena pandemi COVID-19, kita harus survival mode untuk memasuki era new normal, dengan melihat peluang yang ada, adaptif hingga melakukan inovasi baru,” kata Destry dalam webinar bertemakan ‘Peran Perbankan Memulihkan Perekonomian Saat New Normal.

 

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti di acara Implementasi sistem informasi monitoring devisa terintegrasi seketika. Foto: Nicha Muslimawati/kumparan

Dia melanjutkan, bank sentral hingga saat ini juga terus berusaha mendorong sektor keuangan. Mulai dari sisi penambahan likuiditas hingga layanan digital. Menurutnya, dalam kondisi new normal ini juga diperlukan penguatan dari sisi informasi dan telekomunikasi.Adapun per 14 Juli 2020, BI telah menambahkan likuiditas ke sektor perbankan sebesar Rp 633,24 triliun melalui pasar keuangan.

“Kita mulai dari beberapa sektor yang mempunyai impact tinggi dari sisi permintaan yang mampu menyerap tenaga kerja dan menyumbang ekonomi dalam jumlah besar,” kata dia.

Baca juga:   Mimpi Jokowi Produk UMKM Tanah Air Kalahkan Barang Impor

Sementara itu, anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Golkar Misbakhun menegaskan, perbankan memiliki peran yang sangat besar sebagai kunci untuk pemulihan ekonomi. Mengingat semua sektor dunia usaha mengalami penurunan.

“Perbankan sebagai media intermediasi tentu mempunyai permasalahan yang harus diselesaikan. Mereka harus mendapat dana untuk disalurkan, peran pemerintah menjadi sangat penting, ” jelas Misbakhun.

Mukhamad Misbakhun Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Kepala Ekonom Bank BNI, Ryan Kiryanto, menuturkan bahan desain bauran kebijakan ekonomi, baik yang dilakukan pemerintah, BI, ataupun OJK, dapat menjadi stimulus yang tepat untuk perbankan nasional. Sehingga dorongan untuk ekspansi bisa diwujudkan.

Melalui kebijakan fiskal, sisi permintaan diupayakan untuk meningkat dan mendorong permintaan kredit baik kredit modal kerja, kredit investasi, dan kredit konsumtif.

Baca juga:   Pekan Ini, Subsidi Gaji Pekerja Tahap Kedua Akan Cair

“Alhasil, pertumbuhan kredit secara tahunan diharapkan bisa meningkat dan fungsi intermediasi berjalan lebih optimal,” tambahnya.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa tumbuh maksimal sebesar 1 persen. Namun dalam skema terberat, perekonomian diproyeksi terkontraksi minus 0,4 persen.

Sementara itu, Bank Dunia memproyeksi ekonomi Indonesia tahun ini hanya nol persen. Jika terkena gelombang kedua COVID-19, perekonomian bisa mencapai minus 2 persen. Perekonomian diperkirakan kembali pulih di tahun depan sebesar 4,8 persen dan 2022 sebesar 6 persen. (msn)

 

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara Indonesia

Keuangan Negara provides the latest economic, business, e-commerce, start-up, stock market, financial and all entrepeneur news from around Indonesia.

Next Post

Discussion about this post

Stay Connected

Recent News

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Follow & Support Us!!

Keuangan Negara menyajikan berita terbaru keuangan negara, ekonomi, bisnis, e-commerce, start-up, finansial, dan entrepreneur yang bersumber dari berbagai situs dan narasumber resmi